Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Inilah Alasanya Berpikir Tak Pernah Bantu Anda Lawan Godaan

/ On : 10:19 AM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me e-mail at herdiansyah hamzah@yahoo.com.

BlogInspiratif - Godaan bisa miliki banyak wujud. Bagi peminum, godaan adalah minuman, bagi pria beristri adalah wanita menarik. Kini misteri berpikir tak bisa mebantu lawan godaan terpecahkan.

Sebuah kesimpulan mengejutkan terungkap dari hasil studi yang dilakukan Loran Nordgren dan Eileen Chou dari Kellog School of Management dari Northwestern University. Keduanya berusaha membuat kedua badan literatur berlawanan ini menjadi masuk akal.

“Salah satu hasil studi menunjukkan, godaan memutarbalikkan pikiran untuk berperilaku impulsif. Lainnya menunjukkan, godaan memicu pikiran protektif untuk pengendalian diri,” kata Nordgren.

Misalnya, saat seorang yang sedang diet ditawari makan, pikiran pertama yang muncul adalah ‘saya sedang diet’ atau ‘terima kasih,’ lanjutnya.

Menurutnya, kedua faktor ini sangat krusial. “Interaksi godaan dan ‘kondisi mendalam’ seperti lapar, haus, dorongan seks, dan kenyang akan mendikte apakah proses kognitif serupa akan berorientasi pada perilaku impulsif atau pengendalian diri,” paparnya seperti dikutip Thaindian.

Para peneliti kemudian meneliti perbedaan mekanisme kognitif untuk mengetahui bagaimana godaan mempengaruhi orang. Dalam pengujian ini, 49 siswa pria yang memiliki pasangan diminta melihat film erotis yang membuat mereka berada di kondisi ‘panas’ dan film pertunjukkan fesyen yang membuat mereka di kondisi ‘dingin’.

Kemudian, partisipan ini diberi unjuk gambar wanita menarik dan berapa lama pria ini melihatnya dicatat. Sepekan kemudian, prosedur sama dilakukan dan mereka diberitahu wanita-wanita ini akan datang. Hasilnya diketahui, makin banyak dan besar godaan, kesetiaan makin berkurang.

Sumber

0 comments:

Advertise

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archieve