Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Inilah Manusia Pertama di Luar Angkasa

/ On : 5:51 PM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me e-mail at herdiansyah hamzah@yahoo.com.



BlogInspiratif - Setengah abad yang lalu12 April 1961, anak seorang tukang kayu Rusia bernama Yuri Gagarin berhasil mencatatkan namanya menjadi orang pertama di luar angkasa, catatan yang tak akan pernah pupus dalam sejarah kemanusian dan teknologi penerbangan ruang angkasa, ketika itu juga merupakan kemenangan besar bagi Uni Soviet dimasa Perang Dingin.

Yuri Gagarin, yang saat itu baru berusia 27 tahun, berhasil berada di orbit Bumi selama 108 menit. Keberhasilan Gagarin memberikan gambaran prestasi terbesar Uni Soviet dalam perlombaan teknologi luar angkasa ketika itu.

Ratusan ribu orang membanjiri jalan-jalan di Moskow menyambut kabar kemenangan tersebut. Ini menegaskan supremasi Uni Suviet dalam perlombaan teknologi penerbangan ruang angkasa, sampai delapan tahun kemudian Amerika berhasil mendaratkan Astronotnya di Bulan.

Yuri Alekseyevich Gagarin nama lengkapnya lahir di desa Klushino dekat Gzhatsk (sekarang di Smolensk Oblast, Rusia), pada tanggal 9 Maret 1934. Ibunya Anna Timofeyevna Gagarina seorang yang gemar membaca, sementara Ayahnya Aleksei Ivanovich Gagarin selain bekerja di sebuah pertanian kolektif adalah juga seorang tukang kayu yang terampil. Yuri adalah anak ketiga dari empat bersaudara.

Gagarin kemudian menjadi terkenal di seluruh dunia. Gagarin melakukan perjalanan keluar negeri. Ia mengunjungi Italia, Jerman, Kanada, Jepang, Finlandia untuk mempromosikan Uni Soviet sebagai negara pertama yang menempatkan manusia di ruang angkasa. Ia juga mengunjungi Inggris tiga bulan kemudian, di mana ia mengunjungi kota London dan Manchester.

Tujuh tahun setelah keberhasilannya mengorbit di luar angkasa, tepatnya tanggal 27 Maret 1968 ketika dalam penerbangan latihan rutin dari Chkalovsky Air Base, ia dan instruktur penerbangan Vladimir Seryogin meninggal dalam kecelakaan MiG-15UTI dekat kota Kirzhach. Tubuh Gagarin dan Seryogin dikremasi dan abunya dikuburkan di dinding di Lapangan Merah Kremlin.


0 comments:

Advertise

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archieve